Jenis Ikan Ini Tidak Disarankan Dimakan Menurut Ahlinya

Jenis Ikan Ini Tidak Disarankan Dimakan Menurut Ahlinya

Ikan, baik yang hidup di air tawar maupun air laut memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan manusia. Karena itu ahli kesehatan menyarankan agar menu ikan setidaknya hadir sepekan sekali atau dua kali agar tubuh tercukupi kebutuhannya.

Akan tetapi ternyata ada pula jenis ikan yang tak disarankan untuk dikonsumsi manusia. Alasannya, karena ikan tersebut mengandung beberapa zat yang justru berbahaya.

Jenis ikan apa saja yang tidak disarankan ahli kesehatan tersebut? berikut ini seperti dilansir dari laman Fox News:

Ikan kod Atlantik

Ikan kod punya kandungan nutrisi yang baik, namun masalah populasi ikan yang menurun drastis membuat para ahli menyarankan untuk mengurangi asupannya. Akan tetapi jika ikan kod itu hasil peternakan, maka tidak masalah.

Lobster dan belut

Kandungan kolesterol yang tinggi pada lobster, juga harga yang mahal tidak sebanding dengan nutrisinya adalah alasan para ahli untuk membatasi asupannya. Juga belut yang dianggap mengandung lemak dan merkuri tinggi.

Hiu, todak dan tuna ahl

Dugaan adanya kandungan merkuri dalam kadar yang tinggi pada ikan tersebut membuat ginekolog dari Hackensack University Medical Center di New Jersey, Dr. Manny Alvarez menganjurkan untuk membatasi konsumsinya.

Demikian pula Dewan Pertahanan Sumber Daya Nasional di Amerika Serikat, mengeluarkan saran senada. Alasan lainnya karena konsumsi dalam jumlah besar bisa merusak keseimbangan lingkungan.

Selain jenis di atas, jenis kerapu, tuna sirip kuning, tuna albacore, makarel Spanyol pun sebaiknya dibatasi konsumsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5989C6D6EE91E